Find us on Google+ Khasiat dan Manfaat Tanaman Adas untuk Kesehatan | Ulasan Kesehatan

Monday, 21 July 2014

Khasiat dan Manfaat Tanaman Adas untuk Kesehatan



Judul Khasiat dan Manfaat Tanaman Adas


Khasiat dan Manfaat Tanaman Adas untuk Kesehatan _ Adas merupakan tumbuhan obat/Herbal yang terkenal berkhasiat di daerah Anglo -Saxon. Di negara kita ditanam serta dijadikan bumbu dan obat. Tanaman Adas ini berasal dari  Asia dan Eropa Selatan. Karena Tanaman ini sangat bermanfaat dan berkhasiat, lalu banyak dibudidayakan di India, Indonesia, Argentina, Eropa, dan Jepang. Tanaman ini bisa tumbuh mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m di atas permukaan laut, tapi akan tumbuh maksimal pada dataran tinggi.

Nama lain dari tanaman Adas :

Bahasa latin : Foeniculum vulgare Mill.
Bahasa Minangkabau : Adeh, manih
Bahasa Sunda : Hades
Bahasa Jawa : Adas, Adas londa, Adas jandi
Bahasa Madura : Adhas
Bali : Adas
Sumba : Wala Wunga
Aceh : Das pedas
Melayu : Adas, adas pedas
Manado : Paapang, paampas
Alfuru : Popoas
Gorontalo : denggu-denggu
Buol : Papaato
Baree : Porortomo
Sangir Talaud : kumpasi
Makassar : Adasa, rempasu
Bugis : Adase
China : Hsiao hui
Thailand : Phong, karee, mellet karee
Malaysia : Jintan Manis
English : Fennel, commaon fennel, sweet fanel, fenkel, spigel


 Ciri-ciri Tanaman Adas :

Adas mempunyai  ciri panjang dengan tinggi 50 cm- 2 m, dan tumbuh secara merumpun. Satu rumpun biasanya terdiri dari 3 - 5 batang. Warna batangnya adalah hijau kebiru-biruan, beruas, beralur, berlubang, bila memar baunya wangi.

Letak daun tanaman ini adalah berseling, majemuk menyirip ganda dua dengan sirip-sirip yang sempit, ujung dan pangkal runcing, bentuk jarum, tep rata, berseludang warna putih, seludang berselaput dengan bagian atasnya berbentuk topi.

Bunga Adas tersusun sebagai bunga payung majemuk dengan 6 - 40 gagang bunga, panjang gagang bunga 2 - 5 mm, panjang ibu gagang bunga 5 - 10 mm, mahkota berwarna kuning, keluar dari ujung batang.

Sedangkan buah adas berbentuk lonjong, berusuk, lebar 3-4 mm, panjang 6-10 mm. Jika masih muda warnanya hijau, kalau sudah tua berwarna cokelat agak hijau atau coklat agak kuning sampai sepenuhnya cokelat. Tapi warna buahnya ini berbeda-beda tergantung negara asalnya. Buah masak memempunyai bau khas aromatik, bila dicicipi rasanya relatif seperti kamfer.

Tanaman ini menghasilkan minyak adas, yang merupakan basil sulingan serbuk buah adas yang masak dan kering. Terdapat dua jenis minyak adas, manis dan pahit. Disamping itu Adas juga dipakai untuk bumbu dan digunakan sebagai bahan yang memperbaiki rasa dan mengharumkan obat. Dalam penggunaanya adas dipakai dengan kulit batang pulosari. Daunya bisa di makan sebagai sayuran. Cara perkembangbiakan adas adalah dengan biji atau dengan memisahkan anak tanaman.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Adas untuk Kesehatan :
  • Menghilangkan dingin, pereda rasa nyeri sendi, menurunkan kadar asam urat tinggi.
  • Menahan rasa mulas, pelega perut, penambah rasa alami, mengatasi batuk dan sariawan.
Bagian yang digunakan untuk obat adalah buahnya yang sudah masak.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Adas

Cara pengobatan :
  • 3-9 gram buah adas kering direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Atau digiling halus, diseduh dengan secangkir air panas lalu di minum hangat-hangat 1-2 kali sehari.

Itulah Mengenai Khasiat dan Manfaat Tanaman Adas untuk Kesehatan dari Ulasan Kesehatan semoga bisa bermanfaat bagi saudara pembaca. Terima Kasih.
Ditulis oleh: Yustiar Ramdani Ulasan Kesehatan Updated at : 06:10

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Google+ Followers

Blogger